Kamis, 01 Maret 2012

Trip to Surabaya

Hari Senin, 27 Feb’12 kami sekeluarga berangkat ke Surabaya naik Kerta Api tut..tut..tut… karena mau antar mamah untuk apply visa di Kedubes Amerika di Surabaya.

Meskipun kereta yang akan membawa kami ke Surabaya baru akan berangkat pukul 08.30 wib, pukul 07.15 kami sudah meluncur ke stasiun Tawang, karena takut kalau – kalau ketinggalan kereta (maklum ya namanya bepergiaan dengan membawa 2 krucils). Sampai stasiun kurang lebih jam 07.45. Jalan – jalan dulu sebentar sambil nyuapin FeFe dan nunjukin kereta api Fajar Utama yang mau berangkat ke Jakarta. FeFe kliatan excited banget udah ga sabar mau naik kereta. Padahal KA Rajawali yang akan kami tumpangi belum datang. Jauh – jauh hari sebelum keberangkatan kami, Yang Ti emang dah menjanjikan kalo FeFe jadi anak manis, tar mau diajak naik KA ma Yang Ti. Makanya begitu liat KA dia dah ga sabar aja… Sambil nunggu, Pappie ngopi dulu di café kecil di dalam stasiun situ.

Ga lama nunggu, KA Rajawali datang. Kami langsung naik ke gerbong Eksekutif 3. Lumayan bagus sih keretanya. Tapi pas pulang kami dapat gerbong Eks. 2, itu kotor dan banyak kecoa nya, jadi kesannya jorok kan. Seharusnya jadi PR nih buat PT. KAI, untuk memperbaiki servicenya.

Tepat pukul 08.30 KA Rajawali berangkat dengan tujuan Surabaya. Wah selama di kereta FeFe excited banget. Ga cuman FeFe, saya pun juga excited banget. Karena dah lama ga naik KA…

Sarapan Nasi Goreng

Sampai di stasiun di kota Cepu, pas KA berhenti untuk menaikan penumpang, saya sempat beli pecel gambrengan yang terkenal itu. Menurut saya sih rasanya ya so-so  lah. Masih enak pecel bu Mar yang di Banyumanik itu sih…

Sepanjang perjalanan FeFe ga mau diam. Pengennya jalan – jalan terus. Kalo ChaCha sih malah banyak bobok di KA. Mungkin getaran kereta itu yang bikin dia ngantuk ya, jadi berasa kaya diayun – ayun kali… J

Tepat pukul 12.45 (sesuai jadwal) KA Rajawali tiba di stasiun Pasar Turi Surabya. Eh jika dibandingkan dengan stasiun Tawang, stasiun nya orang Surabaya ini kalah megah loh. Bangga deh saya jadi orang SemarangJ

Begitu keluar stasiun, kami disambut oleh serombongan bapak – bapak supir taxi “semi liar”. Kenapa saya katakana “semi liar”, karena mobil mereka ini tanpa argo, jadi langsung maen tunjuk harga aja. Kami ke Surabaya belum tau mau menginap di hotel apa, belum tau letak Kedubes jalan dr. Sutomo, belum tau lor – kidul lah kalo orang jawa bilang. Nah si sopir taxi ini, dengan gaya yang sok tau menyarankan hotel inilah itulah. Bilang jl. Dr. Sutomo jauh lah dsb dsb. Suami juga bingung ga bisa mutusi. Bolak balik telpon mas Iwan, mo minta jemput, ternyata dia lagi tugas ke Blitar, tar malam baru pulang. Mas Iwan kasih referensi ke hotel Olympic di daerah Keputren biar deket kalo besok pagi mo ke Kedubes. Akhirnya saya putuskan oke lah di Keputren. Nego ma sopir taxi Xenia, dia minta harga 50rb. Sebelum ke hotel saya minta ditunjukin Kedubes Jl. Dr. Sutomo dulu. Ternyata sodara – sodara, sopir taxi inipun juga ga terlalu paham lor – kidul nya Surabaya…. Wah pingin saya jitak deh itu sopir. Jadi sambil nyetir, dia beberapa kali telpon temannya minta dipandu arah. Halah – halah…..

Setelah dari Kedubes, kami meluncur daerah Keputren. Di tengah jalan, mas Iwan telpon lagi. Bilang suruh ke hotel Oval aja yang di Jl. Diponegoro, soalnya hotel Olympic yang di Keputern itu ga cocok kalo buat keluarga. Saya sih awalnya kekeh mo coba liat hotel Olympic dulu. Bagitu sampe, tempatnya ternyata emang ga cocok buat kluarga. Bangunannya jadul banget ga terawat dah gitu hotel itu jadi satu ma café, billiard & karaoke… bisa disimpulkan sendiri lah tempatnya kaya apa.

Akhirnya minta si sopir taxi buat ganti haluan pindah ke hotel Oval. Ternyata sampai sana hotel penuh, tinggal yang kamar suite aja… denk denk. Padahal koper & tas – tas dah diturunin semua dari bagasi Taxi…. Puter otak lagi nih.

Si sopir taxi Xenia dah mo kabur aja. Dah gitu dia minta tambahan ongkos pula…. Bener – bener pengen saya jitak deh. Untungnya, kami dibantu oleh salah satu staff hotel Oval. Dipanggilin taxi yang nongkrong di halaman hotel situ. Lalu si sopir taxi tadi di kasih arahan suruh ke hotel Tanjung.

Pfuih… untung sopir taxi kali ini cukup baek. Kami naik Silver Taxi. Pak Sopir ini kasih referensi ke kami hotel City Hub. Katanya hotel baru dan sering buat menginap keluarga. Hotel baek lah. Kalo hotel Tanjung, pak Sopir bilang takutnya penuh, karena sering di pake buat acara dan sering di booking buat rombongan. Sebetulnya hotel Tanjung ma hotel City Hub ini satu jalan hanya sebrangan aja.

Akhirnya same juga di hotel City Hub @Sudirman. Hotel ini terletak di jalan Panglima Sudirman. Menempati lokasi seperti rukan gitu. Jadi halamannya ga luas (emang ga ada halamannya denk). Jadi Halamannya itu ya tempat parkir rukan itu. Tapi over all hotel ini lebih dari lumayan lah. Baru & bersih. Cuman minim fasilitas. Kami booking kamar standard di harga 275 ribu room only. Disini ga ada restorannya. Kalo butuh handuk, bisa sewa dengan harga 5rb/pcs. Kalo ga bawa alat mandi, bisa beli paketan seharga 7.5rb/ paket.

ChaCha langsung goleran

Gaya tidur si kakak

Gaya tidur adek

Kalo hanya buat numpang tidur, buat kami sudah cukuplah. Kamarnya memang ga terlalu luas. Tapi bersih dan nyaman kok. FeFe aja krasan dan dia sebut kamarnya itu “rumah kakak”. Jadi tiap kami keluar hotel, entah buat beli makan ato jalan – jalan, dia pasti bilang “rumah kakak”.

Setelah bongkar – bongkar tas dan mandi, kami putuskan buat order makanan buat makan malam. Sepertinya hotel ini bekerja sama dengan Long’s Chinese Restaurant. Jadi di dalam kamar disediakan brousur Long’s Restaurant, dan bagi tamu yang mau order, bisa order via receptionist. Nunggu pesanan datang mayan lama juga sih. Ada kali sekitar 1.5 jam.

Sambil nunggu pesanan datang, kami turun lagi ke lobby buat cari minuman hangat. Jadi di lobby itu ada kaya semacam 24hour minimarket gitu yang nyatu dengan lobbynya. Disitu disediakan dispenser panas & dingin. Jadi kalo tamu mo minuman hangat ato mie instant, bisa beli kopi ato teh dulu di receptionist. Tar di kasih cup kecil ma mba recepsionist dan kita bisa bikin teh / kopi sendiri pake dispenser yang disediakan. Memang kesannya pengelola hotel ini ga mau repot gitu. Jadi tamunya harus self service.

Setelah makan malam, kami memutuskan buat jalan – jalan ke Tunjungan Plaza (TP) yang letaknya ga jauh dari hotel City Hub. Sebetulnya lokasinya hanya ungkur – ungkuran, tapi karena di Surabaya banyak jalan satu arah, ya jadi jauh juga sih. Berbekal informasi dari receptionist, Tunjungan Plaza letaknya hanya sekitar 1 KM,  kami memutuskan untuk jalan kaki saja. Selain itu si receptionist juga menunjukkan jalan tikus yang deket ke TP.

Ternyata, setelah jalan kaki sekitar 15 menit sampe juga sih ke TP. Tapi ternyata jauh juga loh. Apalagi sambil gendong ChaCha, itu ja saya dah gantian loh ma mamah gendongnya. Mayan kringetan juga. Apalagi pappie, sambil gendong FeFe ma bawa tas…

Sampe TP, langusng cari toilet, karena mamah pengen pipis…(hehehehe…). Belum sempat jalan – jalan FeFe dah liat ada playground gitu…. Wah bubar lah agendanya… Akhirnya ke TP Cuma maen mandi bola, ma naik mainan school bus, kapal ma gajah terbang. Eh sama beli roti Breadlife denk… Pulangnya kami memutuskan buat naik taxi aja, karena kaki dah gempor.
Main @ TP (fotonya ga bisa di rotate nih...)

Sampe hotel ChaCha dah bobok, tinggal FeFe nih yang masih bersemangat. Suruh tidur ga tidur – tidur. Akhirnya kami semua pura – pura tidur, lampu kami matikan semua. Itupun dia ga langsung tidur juga loh. Jadi masih ngoceh – ngoceh sendiri. Ada kali sekitar ½ jam, baru dia bobok. Hadeh nak…….

Malam itu Yang Ti ga bisa tidur, karena takut kalo bangunnya kesiangan katanya. Sama tegang bayangin wawancara besok paginya. Katanya Yang Ti baru tidur jam 3 pagi. Dan jam 5 pagi dah bangun lagi loh…. J

Paginya setelah mandi kami semua berangkat nganter Yang Ti ke Kedubes. Eh la kok ndilalah bareng ma rombongan anak – anak SMU Karang Turi Semarang yang mau ikutan lomba paduan suara di Ohio bulan Juli. Suasana di depan Kedubes pagi itu jadinya rame riuh rendah. Nunggu mayan lama juga sih. Tapi akhirnya sekitar jam 09.00, kami putuskan balik lagi ke hotel karena kasian ma para krucils di situ kepanasan dan brisik. Jadi Yang Ti nunggu sendirian di Kedubes.

Sampe hotel duo krucil beraksi lagi deh. Yang gede ribut mainan sepatunya Mammie, yang kecil rewel minta gendong. Yah, sama juga bohong deh. Di hotel juga ga bisa istirahat… J

Jam 11.00 Yang Ti nelpon Pappie, ngabari kalo wawancaranya dah selesai dan ini lagi perjalanan ke hotel. Puji Tuhan wawancaranya lancar dan menurut petugas Kedubes, tar visa akan diantar ke rumah via pos. Jadi ga perlu balik lagi ke situ. Tinggal nunggu aja di rumah. Wah moga lancar ya.

Kami check out dari hotel jam 12.15 dan langsung meluncur ke stasiun Pasar Turi. Disana KA Rajawali dah menunggu untuk membawa pulang kami ke Semarang
otw Semarang

Super ekspresif

Sampai jumpa lagi Surabaya……. However, saya kok lebih suka tinggal di Semarang yah. 2 hari di Surabaya bikin kepala saya pusing liat traffic nya….. ato hanya karena saya yang katrok…. Hehehe…. Really Love Semarang