Rabu, 26 Januari 2011

Proses Lairannya Leandra a.k.a Andra a.k.a Fey Fey (Part II)

21.30
Kami tiba di PW Citarum. Mamah & saya lgsg menuju ke UGD, si mas ngurus pendaftaran dll.

Di dalam UGD saya disuruh tiduran nunggu ini dan itu (lupa, dah lama juga saoalnya). Saya bisa liat dari balik tirai suami saya mondar mandir ngurus adm. Mamah ada disisi saya nemenin. Tapi kadang mamah juga keluar buat bantuin si mas ngurus Adm. Akhirnya datang mbak perawat, mualai periksa – periksa dalam lagi, dan again bilang bayinya belum turun, dll. Oke. Mamah bilang kalo dapat rujukan untuk operasi sectio sama dr. Purnomo.

Tapi kayanya emang di rumah sakit kalo kita biasa kontrolnya sama dr. Hardiyanto ga bisa seenak – enaknya minta pindah mo operasi sama dr. Purnomo yah….

Akhirnya saya suster meninggalkan saya & mamah. Perasaan saya campur aduk, antara senang mau melahirkan, takut karena belum due date nya, takut karena ga ada dsog saya, dll lah. Saat itu saya sempat minta maaf juga sama mamah untuk semua kelakuan saya yang sering kurang ajar & saya juga minta doa dari mamah biar diberi kelancaran dalam melahirkan.

Di UGD agak lama juga sih nunggunya. Setelah nunggu beberapa saat suster datang dan bilang “bu dr. Hardiyanto ga bisa nangangin ibu karena lagi luar kota. Dari tadi sya hubungi HP nya ga bisa”. “Ya suster saya sudah tau kok. Sama dokter siapa saja ga masalah. Yang penting saya bisa segera melahirkan”. Okeh. Suster keluar lagi. Selama di UGD, saya masih berasa pipis terus sih, takut juga, kalo kenapa – kenapa dengan my baby, karena ketubannya kok ngalir terus.

Suster datang lagi:

Suster (S)      : Ibu tadi dirujuk dari RB Mardi Rahayu ya?
Saya             : Iya suster. Tadi dirujuk ke dr. Purnomo
S                  : Oke coba saya hubungi dr. Purnomo

Weleh ya ampun…. Kok gitu ya caranya… saya ngerasa agak – agak lama juga sih pelayanannya. Eh ga lama suster balik lagi:

S                  : Maaf bu dr. Purnomo juga lagi luar kota. Ibu mau sama dokter                           siapa?
Saya             : (Mulai dongkol) iya terserah suster sama siapa saja saya mau.                            Yang penting  saya bisa lairan.

Saya terus bilang mamah, cari dokter siapa aja de. Yang penting saya bisa segera ditangani. Akhirnya mamah ingat dulu bulik Atik pernah operasi kista sama dr. Mirza SpOg. Ya sudahlah saya minta dr. Mirza aja. Mamah lalu keluar bilang ma suster kalo saya mau dr. Mirza. Eh ga lama suster balik kagi. Bu mau sama dr. Mirza ato dr. Endy? Soalnya di sini kalo dr. Hardiyanto lagi luar kota yang gantiin beliau tersebut. Ya ampun……..

Saya mau dr. Mirza suster……(ngempet dongkol)….

Akhirnya setelah semua urusan adm beres, saya mulai disiapkan untuk dibawa ke ruang operasi. Di pasang infus, ganti baju operasi, dll.

Saya minta doa restu lagi sama mamah sama si mas. Lalu tempat tidur saya di dorong ke ruang operasi. Waktu itu jam menunjukkan pukul 22.45 WIB.

22.45 WIB
Sampai de depan pintu roang operasi. Disitu ada ruangan untuk “transit”. Disitu masih ditungguin sama si mas & mamah. Hati saya udah makin dag dig dug aja rasanya. Antara tegang sama bosen nunggu. Nunggu disitu lumayan lama juga sih. Dari jam 22.45 sampai kurang lebih jam 23.30 saya baru bener2 dibawa masuk ke ruang operasi. Waktu di ruang transit itu saya merasakan “pipis” yang keluar dah ga begitu banyak. Waktu saya raba perut saya juga udah berasa aga kempes, dan yang bikin saya kaget, waktu saya raba, saya bisa merasakan ada bentuk bayi lagi melungker di perut saya. Kata si mas juga perut saya ada bentuk bayinya gituh. Waduh makin panik lah saya… Soalnya kata mamah, kalo air ketubannya habis tar bayinya bisa kerut – kerut… ihhhhh…

23.30 WIB
Saya didorong masuk ke ruang operasi. Say good bye deh sama mamah & si mas. Di dalam ruang operasi sudah menunggu 2 orang suster. Mereka lalu niyapin2 peralatan setelah sebelumnya “meletakkan” saya di meja operasi. Ternyata di dalam ruang operasi masih harus nunggu tim dokter & perawatnya kumpul. Karena saat itu tengah malam ,jadi pihak rumah sakit harus jemputin para perawat. Lama juga yah nunggunya. Saya sampe berasa ngantuk berats.. Dalam hati pengen pulang aja, bayangin tempat tidur saya yang nyaman di rumah. Batal aja deh operasinya, kelamaan sih nunggunya (Beneran loh ini yang terlintas dalam pikiran saya waktu itu…) dodol yah… J

00.00 WIB
Setelah sekian lama menunggu yang datang berikutnya adalah dokter anastesi. Masih muda banget loh dokternya. Langsung beliau kasih penjelasan panjang lebar ke saya dan mulai pasang alat macem2 kaya tensi (buat mantau denyut nadi), oksigen, dll. Dia juga jelasin prosedur anastesinya, apa yang akan dia lakukan dan apa yang akan saya rasakan setelah saya disuntik bius nantinya. Oke…

Lalu para perawat bantuin saya untuk duduk sambil peluk bantal. Ga lama kemudian dokter anastesinya langsung nyuktik tulang ekor saya. Ga lama kemudian saya mulai mati rasa. Waduhhh takuuttt……

00.30 WIB
Habis itu nunggu sebentar lalu dsog datang, dokter anak datang. Beliau lalu say hai sebentar ke saya, sambil jelasin kalo dia itu dsog nya, lalu jelasin tim nya dia, ada dokter anak & dokter anastesi. Setelah basa – basi dikit, beliau mulai berdoa dan setelah itu minta ijin buat “melakukan tugasnya”. Saat itu saya udah ngantuuuks banget berasa pengen merem aja. Tapi takut juga sih. Ingat crita – crita orang kalo ada ibu – ibu yang operasi melahirkan saking ngantuknya trus ketiduran, wah malah bablas ga bangun lagi. Akhirnya dengan sekuat tenaga saya berjuang melawan kantuk, dingin dan takut…. Selama proses “menyobek” perut saya sih dokternya masih coba ngajak ngobrol saya. Nanya – nayain gitu. Udah tau jenis kelamin bayinya bu, dll lah

00.40 WIB
Ga lama setelah dr. Mirza pegang perut saya, tau – tau my lil baby udah nongol loh…. Cuma dalam waktu 10 menit, dr. Mirza berhasil membantu “mengeluarkan” my lil girl from my womb. Trus saya denger tangisan bayi. Masa sih itu anak saya? Ga percaya. Saya Cuma ucap Puji Tuhan. Tapi masih belum percaya kalo tangisan itu suara anak saya…

Yang agak lama adalah proses menjahit perut saya. Setelah selesai semuanya, jahitan selesai, alat – alat dilepas, saya dibawa ke ruang transit oleh para perawat. Sambil nunggu anak saya di bersihkan. Habis itu datang seorang perawat bawa bayi kecil, owh, siapa nih lil’ baby? Anak saya kah? Begitu bayi kecil itu diletakkan diatas dada saya, saya baru yakin kalo itu adalah bener – benar my lil’ baby. Ya Tuhan, serasa ga percaya….

Amazing… praise the Lord… saya hanya bisa menatap bayi kecil itu. Saya ga berani  nyoba IMD karena badan & tangan saya masih mati rasa…. Tangan bayi itu begitu kecil, kakinya begitu mungil  (ya iyalah, namanya juga baby J), tapi nangisnya kenceng banget memecah suasana malam (kata mamah & si mas suaranya sampe kedengeran dari ruang tunggu kamar operasi), kulitnya bersih, hidungnya yah..mayan kliatan ada tulangnya (ga kaya hidung saya J), jarinya lentik. Lengkap jari kaki ada 10, jari tangan ada sepuluh… Owhh ya ampun, saya berbunga – bunga…. Akhirnya saya bisa memeluk my lil girl Leandra Feodora Kenzie (Anugrah dari Tuhan Seorang pemimpin yang bijaksaba seperti singa). Baby A lahir dengan berat 2850 gr & panjang 48 cm (termasuk kecil sih, mengingat postur saya yang bongsor & postur si mas yang bulat).

Si adek lalu diminta lagi sama suster, karena mau dikasih baju  bedong. Kasian kalo telanjag terus kan dingin. Ga lama si adek dikembalikan lagi ke saya. Lalu kami di dorong keluar, mau di bawa ke bangsal. Diluar sudah menunggu mamah a.k.a Yang Ti dan si mas a.k.a Pappie. Owh senangnya kami semua. Puji Tuhan, Puji Tuhan, Praise the Lord God almighty…

Sepanjang malam itu sampe subuh Yang Ti & Papie ga tidur loh, nungguin saya. Dan saya yakin meskipun nunggu di rumah, papah a.k.a Yang Kung pasti juga ga bisa tidur nungguin cucu kesayangan lahir ke dunia. Bukan begitu Kung ? J

Kurang lebih gitu deh cerita lahirannya baby A… Jadi saya mulai masuk PW Citarum tgl 2 Maret’10 jam 21.30, melahirkan jam 00.40 dan pulang dari rumah sakit tgl 5 Maret ’10. Cukup sebentar saja di rumah sakitnya.


Beberapa jam setelah datang ke dunia

Baru lair udah ngemut jempol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar